Seraya.id, Palu – Menyambut salah satu program percepatan nasional Pemerintah Pusat RI yakni perwujudan sistem pemberitaan elektronik satu data, Pemerintah Kota (Pemkot) Palu Provinsi Sulawesi Tengah menggandeng mahasiswa Universitas Tadulako (Untad) melanggengkan program tersebut.

Atas hal itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palu Irmayanti Pettalolo menyebut pihaknya tengah menghimpun seluruh aspek data-data digital atau elektronik mulai tingkat kelurahan dan kecamatan, lewat giat Serah Terima Fasilitator Kelurahan Cantik (Cinta Statistik) pada Senin, 26 Februari 2024.

Fasilitator kali itu berasal dari mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Untad sejumlah 133 orang, yang bertugas membantu identifikasi dan inventarisasi pendataan dalam satu sistem.

Irma menjelaskan, mereka akan dipekerjakan selama 1 semester di kelurahan yang ada di 4 kecamatan awal yakni Mantikulore, Tatanga, Palu Timur, dan Palu Selatan.

“Kehadiran mitra kerja kita yakni Untad melalui Fakultas Ekonomi ini guna menghimpun seluruh data di semua aspek di 46 kelurahan di Palu. Hal ini melalui BPS Palu dan Diskominfo Palu sebagai wali data Pemda,” kata Irma di Ruang Rapat Bantaya.

Dia meminta seluruh aparatur utamanya lurah yang menerima penempatan fasilitator agar memanfaatkan sebaik mungkin peran mahasiswa tersebut dalam menjalankan perhimpunan data.

“Dengan kehadiran adik-adik mahasiswa magang ini di kantor teman-teman saya minta dan harapkan bisa membantu (tugas) aparatur yang ada di kecamatan dan kelurahannya, untuk mengidentifikasi kemudian meningkatkan potensi yang ada yang diinventarisasi data-data ini dalam satu sistem,” ungkapnya.

Mantan Kepala DP3A Palu ini pun menegaskan, hakikat keberadaan pemerintah adalah memberikan kemudahan pelayanan terbaik bagi seluruh masyarakat. (sf)