, Seraya.id Palu Provinsi Sulawesi Tengah, Hadianto Rasyid, mewacanakan membangun satu di sisa masa kepemimpinannya.

Hasil penelusuran wartawan Seraya.id, wacana itu disungguhi Hadi ketika dia didampingi Sekretaris Dinas PU Palu, Ismayadin Parigade meninjau lokasi rencana jembatan di salah satu kelurahan di Kecamatan Mantikulore, Kota Palu pada Senin, 29 Mei 2023.

Ismayadin kepada Seraya.id lantas membenarkan rencana tersebut. Dia bilang jembatan itu nantinya melintasi Sungai Pondo Palu yang terhubung dengan ruas Jalan Taipa Losi.


“Jembatan itu akan menjadi akses jalan wilayah Utara dan Selatan Palu yang dibatasi Sungai Pondo. Nanti jembatan itu terhubungb ruas Jalan Taipa Losi,” ujar Ismayadin.

Dia menuturkan, pembangunan jembatan itu merupakan usulan dari aspirasi masyarakat melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tahun . “Dan telah masuk dalam program prioritas Pemkot Palu tahun 2023,” imbuhnya.

Sementara saat peninjauan, Hadi ingin memastikan letak pasti posisi jembatan termasuk lahan yang akan dilalui agar secepatnya dilakukan intervensi.

Setelah mendapat penjelasan teknis, Hadi kemudian menginstruksikan agar Dinas PU Palu segera melakukan penggusuran untuk pembersihan sekaligus pembebasan jalan, mulai pekan depan.

“Jalan yang akan digusur itu adalah sebuah lahan milik warga di tepi Sungai Pondo yang dihibahkan kepada Pemkot Palu untuk kepentingan pembangunan jembatan tersebut,” urainya.

Mengutip keinginan Wali Kota Hadi, Ismayadin bekata nantinya jika jembatan tersebut selesai, maka lalu lintasnya perlu diatur, sebab lebar jalan hanya luas sekitar 4 meter.

Yang dimaksud Hadi misalnya, kendaraan roda empat hanya bisa melintas satu arah dari Utara menuju Selatan, sedang roda dua bisa dari kedua arah.

“Dinas PU Palu akan segera mengerahkan alat berat (berjenis) graider untuk meratakan lahan dimaksud. Sementara jembatan yang akan dibangun di Sungai Pondo itu bertipe C (memakai ) tahun anggaran 2023. (sf)