• Pemilihan Dijadwalkan 28 Juni 2023

, Seraya.id – Universitas Alkhairaat () Palu, Provinsi Sulawesi Tengah kembali akan menghelat Pemilihan Rektor masa jabatan 2023-2027.

Jika tidak ada hambatan pasti, pelaksanaan pemilihan Rektor Unisa dilaksanakan pada 28 Juni 2023 mendatang.

Ketua Panitia Pilrek Unisa Palu, Dr. Fachrudin A. Yahya kepada wartawan Seraya.id menuturkan, pihaknya kini tengah melangsungkan tahapan penjaringan bakal calon (Balon) rektor.

“Panitia pemilihan rektor telah menyerahkan surat suara untuk diisi oleh civitas akademika mulai dari mahasiswa, tenaga kependidikan dan dosen di tujuh fakultas yang ada,” tutur Fachrudin pada Minggu, 14 Mei 2023.

Fachrudin dengan jabatannya Wakil Rektor Bidang Akademik ini menjelaskan, sebelumnya panitia telah menerima masukan dan pertimbangan senat universitas melalui rapat senat pada Rabu (10/5/23)

Kemudian pihaknya meminta pelaksanaan tahapan Pilrek untuk fleksibilitas waktu tidak kurang dua pekan sebelum masa jabatan rektor aktif berakhir. Sementara untuk diketahui, masa jabatan Rektor Unisa Palu berakhir tanggal 6 Juli 2023.

Pantauan media ini, warga Unisa terlihat mulai menyalurkan aspirasi dukungannya sejak beberapa hari lalu.

Mereka terlihat sangat antusias menuliskan satu nama yang dimasukkan ke dalam kotak suara yang sudah disiapkan oleh panitia di masing-masing fakultas. Seperti Fakultas Ekonomi dan Fakultas Agama Islam terlihat telah selesai melaksanakan penjaringan, meski sempat terjadi kekurangan kertas suara.

Beberapa hari sebelumnya, Fakultas Sastra, Perikanan, Pertanian, Kedokteran, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu juga sudah melakukan hal yang sama.

“Masih banyak mahasiswa yang belum menyalurkan hak suaranya karena kekurangan kertas suara, namun panitia sudah mengantisipasinya. Makanya kami perpanjang,” imbuh Fachrudin.

Sebagai informasi, berikut tahapan pemilihan Rektor Unisa Paluhasil revisi:

Tahap pertama penjaringan pada 11 – 20 Mei, penghitungan hasil penjaringan 22 – 24 Mei, penyampaian surat kesediaan bakal calon 25 – 27 Juni, pendaftaran dan pemasukan dokumen kesediaan calon rektor tanggal 29 Mei – 21 Juni

Kemudian penyampaian visi misi di hadapan senat dan civitas akademika pada 26 Juni, pemilihan calon rektor di 28 Juni, penyampaian hasil rapat senat ke Yayasan Alkhairaat SIS Aljufri di 30 Juni, serta pelantikan rektor terpilih tanggal Juli 2023 oleh Yayasan Alkhairaat SIS Aljufri. (sf)